Berat Badan Ideal Memiliki Andil terhadap Fertilitas

Pembahasan kita kali ini yaitu Berat badan ideal memiliki andil terhadap fertilitas. Berat badan yang normal atau seimbang akan meningkatkan kesempatan untuk terjadinya kehamilan. Tidak jarang ditemui sebagian besar pasangan yang memiliki masalah dengan berat badan umumnya juga akan bermasalah dengan kehamilannya. Kelebihan berat badan akan membawa pengaruh yang kurang baik bagi tingkat kesuburan Anda. Usahakanlah untuk mencapai berat tubuh yang ideal terlebih dulu.

Berat badan ideal memiliki andil terhadap fertilitas

Tubuh yang terlalu kurus akan berpengaruh pada produksi sel telur setiap bulannya. Sementara lemak yang berlebihan karena kegemukan juga sama tak baiknya. Kedua kondisi itu akan mempersulit kehamilan Anda.

Tetapi jangan berdiet saat Anda mencoba hamil. Jangan minum pil diet. Konsultasi dengan dokter Anda jika Anda menginginkan diet khusus untuk penurunan atau penaikan berat badan sebelum Anda mencoba hamil. Diet dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bisa hamil.

Berikut beberapa hal terkait dengan mempertahankan berat badan ideal bagi ibu hamil maupun yang ingin cepat hamil yaitu :

1. Obesitas dan Infertilitas

Seseorang didefinisikan mengalami obesitas bila 30% dari jaringan tubuhnya terdiri dari lemak. Obesitas dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan infertilitas.

Estrogen ditemukan dalam dua sumber dalam tubuh: ovarium dan kelenjar adrenal. Ovarium membuat estrogen dalam jumlah yang tergantung pada fase siklus menstruasi. Kelenjar adrenal membuat sesuatu yang disebut ‘androstenedion’. Horman ini terhubung ke kolesterol dan dalam kasus androstenedion; sel-sel lemak mengubahnya menjadi estrogen yang disebut estron. Jika Anda secara signifikan kelebihan berat badan, kelebihan pasokan estrogen dari konversi ini akan memengaruhi bagaimana fungsi ovarium.

Apa saja masalah kesuburan yang disebabkan oleh obesitas?

  • Tidak teratur atau siklus haid jarang terjadi
  • Peningkatan risiko infertilitas
  • Kurang sukses dengan perawatan kesuburan
  • Peningkatan risiko keguguran

Studi telah menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung kurang merespon obat kesuburan. Hal ini terjadi karena berat yang berlebihan menghalangi penyerapan yang tepat dari obat kesuburan yang digunakan selama perawatan.

Tingkat obesitas pria juga memiliki efek langsung pada tingkat estrogen, dengan timbunan lemak meningkat sesuai dengan estrogen yang lebih tinggi dan tingkat testosterone lebih rendah. Tingkat estrogen yang meningkat pada laki-laki cenderung menekan kesuburan karena mereka mencegah sintesis androgen (hormon yang diperlukan untuk pengembangan dan pemeliharaan fungsi reproduksi normal laki-laki). Selain itu, sindrom metobolik, sebuah kondisi yang dapat timbul dari obesitas, juga berkaitan dengan gejala disfungsi ereksi.

2. Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kelebihan atau kekurangan berat badan, Anda perlu mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (IBM) Anda. Indeks ini relatif “kurus atau kegemukan” Anda, karena faktor berat badan Anda serta tinggi badan Anda. Perhitungan IMT ini sangat mudah, hanya membutuhkan dua pengukuran, tinggi & berat badan. Indeks massa tubuh dihitung dengan rumus: BB / (TB)2

BB = berat badan (dalam kilogram)

TB = tinggi badan (dalam meter)

IMT dihitung dengan mengambil berat badan seseorang dan membaginya dengan kuadrat tinggi badan mereka. Misalnya, jika tinggi badan 1,82 meter Anda, pembagi perhitungan akan (1,82 x 1,82) = 3,3124. Jika berat badan Anda 70,5 kg, maka BMI Anda adalah 21,3 (70,5 : 3,3124).

Semakin tinggi angka semakin kelebihan berat badan Anda. Namun ingat, bahwa IMT hanya panduan, itu tidak akurat berlaku untuk populasi lansia, wanita hamil atau atlet sangat berotot seperti angkat besi.

Klasifikasi IMT
Berat badan kurang < 18,5
Normal 18,5-22,9
Sedikit kelebihan berat badan (agak gemuk) 23,0-27,4
Obesitas sedang (gemuk) 27,5-34,9
Obesitas parah 35,0-39,9
Obesitas amat parah >40,0

Demikian info tentang Berat Badan Ideal Memiliki Andil terhadap Fertilitas semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.