Latihan Kardio dan Latihan Kekuatan untuk Menunjang Fertilitas

Kali ini kami akan jelaskan tentang Latihan Kardio dan Latihan Kekuatan untuk Menunjang Fertilitas. Selain olahraga yang telah disebutkan sebelumnya ada juga latihan yang dianjurkan dan penunjang fertilitas. Olahraga tersebut yaitu latihan kardio dan latihan kekuatan. Berikut penjelasan tentang kedua olahraga tersebut

Latihan Kardio dan Latihan Kekuatan untuk Menunjang Fertilitas

Þ Latihan kardio atau aerobik intensitas sedang

Yang penting, pastikan Anda tidak berolahraga berlebihan, tidak kelelahan dan melakukan apa yang terasa nyaman, sudah cukup bila Anda berkeringat dan detak jantung Anda meningkat. Latihan kardio atau aerobic merupakan aktivitas fisik yang dilakukan dengan intensitas sedang dalam jangka waktu yang lama. Jika dilakukan dengan intensitas yang tepat dan secara rutin, latihan kardio efektif membantu meningkatkan aliran darah ke tubuh yang penting untuk kesehatan reproduksi, menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak tubuh

Olahraga secara rutin penting dilakukan karena tubuh akan terlatih jika olahraga dilakukan secara berulang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Frekuensi olahraga yang terbaik di tahap awal adalah 3 kali dalam seminggu

Di awal latihan, lemak belum digunakan sebagai sumber energi. Tubuh akan menggunakan sumber cadangan energi lain, yaitu glikogen di otot, terlebih dahulu. Setelah 20 menit berolahraga, lemak baru akan digunakan. Jadi lakukan latihan kardio lebih dari 20 menit untuk membakar lemak. Mulailah dengan menetapkan target 30 menit setiap latihan.

Anda dapat melakukan latihan sesuai jadwal yang diinginkan, baik pagi ataupun sore. Yang terpenting adalah memilih waktu yang cocok untuk Anda sehingga bisa dilakukan secara rutin.

Anda dapat memilih jenis olahraga yang Anda sukai. Melakukan variasi jenis olahraga juga dapat dilakukan untuk menghindar kejenuhan sehingga olahraga akan rutin dilakukan. Contoh latihan kardio intensitas sedang antara lain jogging ringan berjalan cepat, bersepeda santai, atau berenang.

Penelitian menunjukkan berolahraga di luar ruangan atau di lingkungan terbuka ternyata dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan santai dibandingkan berolahraga di dalam ruangan. Selain itu, faktor suhu, angin, dan permukaan jalan di lingkungan luar juga membuat latihan terasa lebih berat sehingga jumlah kalori yang terbakar lebih banyak.

Þ Latihan Kekuatan (Strength Training)

Latihan kekuatan memungkinkan tubuh Anda meningkatkan massa otot sehingga mendukung organ-organ reproduksi Anda dan meningkatkan stamina dan kekuatan Anda. Jenis latihan ini juga meningkatkan metabolisme.

Latihan ini memiliki banyak manfaat. Membangun otot membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda dan itu akan berguna di kemudian hari dengan mencegah osteoporosis. Tapi yang paling penting, bagi wanita yang berusaha untuk hamil, mengubah beberapa lemak menjadi otot akan memudahkan tubuh Anda dalam mendapatkan kehamilan.

Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mulai mengangkat beban jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti cedera atau penyakit lainnya.

Prinsip-prinsip dasar latihan berikut bisa Anda ikuti:

  • Jika Anda ingin menghilangkan lemak dan memperkuat otot Anda, salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan adalah mengangkat beban.
  • Selalu lakukan pemanasan sebelum Anda mulai mengangkat beban. Hal ini membantu menghangatkan otot-otot Anda dan mencegah cedera. Anda bisa melakukan pemanasan dengan latihan kardio ringan.
  • Angkat dan turunkan beban Anda secara perlahan. Jangan menggunakan momentum untuk mengangkat berat. Jika Anda harus mengayun untuk mengangkat beban ke atas, kemungkinan Anda menggunakan beban terlalu berat.
  • Jangan menahan napas.
  • Perhatikan postur tubuh Anda dalam setiap gerakan yang Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan dan melindungi tulang belakang.
  • Berikan diri Anda setidaknya satu hari istirahat (meskipun Anda mungkin membutuhkan lebih setelah latihan pertama) untuk memulihkan diri.
  • Untuk menurunkan lemak tubuh dan membangun otot: Gunakan beban yang menurut Anda cukup dengan melakukan 10-12 pengulangan setiap set latihan dengan sekali latihan 2-3 set. Istirahat sekitar 30 detik sampai l menit di antara set dan setidaknya satu hari antara sesi latihan.
  • Untuk kesehatan dan daya tahan otot: Gunakan beban yang cukup dan lakukan 12-16 pengulangan, 1-3 set, dan istirahat 20-30 detik antara set dan setidaknya satu hari antara sesi latihan.
  • Untuk menentukan berapa berat beban yang harus digunakan, mulailah dengan ringan dan lakukan satu set saja. Kemudian lanjutkan dengan menambah beban sampai Anda dapat melakukan pengulangan yang dikehendaki.

Demikian info tentang Latihan Kardio dan Latihan Kekuatan untuk Menunjang Fertilitas semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.