Olahraga Penunjang Fertilitas

Kali ini kami akan ulas terkait dengan Olahraga penunjang fertilitas. Mencari keseimbangan yang sehat merupakan syarat penting bagi wanita untuk menjaga tingkat kesuburan mereka lebih tinggi. Berolahraga terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil. Manfaatkan efek olahraga pada kesuburan dengan cara yang positif.

Olahraga penunjang fertilitas

Olahraga merupakan bagian integral dari gaya hidup sehat. Berolahragalah 30 menit sehari, tiga sampai empat hari seminggu. Kalau dikombinasikan dengan diet sehat dan perawatan diri yang baik, olahraga dapat merangsang kesuburan dan dapat membantu Anda hamil. Lalu jenis olahraga seperti apa yang menunjang fertilitas?

Þ Meningkatkan aktivitas secara keseluruhan

Ini memungkinkan tubuh Anda untuk bekerja dengan tenang dan rileks, apalagi bila kegiatan Anda sehari-hari mengharuskan Anda banyak duduk. Anda dapat mulai meningkatkan kegiatan secara keseluruhan dengan hanya berjalan kaki sedikit lebih jauh daripada biasanya, berjalan santai dengan suami Anda, bermain bowling, parker agak jauh dari toko-toko agar bisa berjalan kaki lebih jauh, atau menggunakan tangga bukan lift. Intinya, tubuh Anda harus lebih banyak bergerak.

Þ Yoga kesuburan

Yoga adalah bentuk kuno dari olahraga dan relaksasi. Berasal dari India, yoga menjadi sangat populer dan menggunakan postur yang berbeda dalam membantu meningkatkan otot dan kekuatan. Yoga semakin banyak digunakan oleh pasangan yang mengalami kesulitan mendapatkan keturunan, dengan menggunakan metode kesuburan natural untuk meningkatkan kesempatan mereka untuk hamil. Secara  khusus, yoga kesuburan digunakan untuk  mengatasi infertilitas pria dan wanita.

Yoga kesuburan adalah jenis yoga yang dirancang untuk membantu pasangan yang mengalami kesulitan hamil. Mengikuti prinsip-prinsip dasar yoga, postur atau gerakan yoga kesuburan menggabungkan postur tradisional dengan postur yang telah secara khusus dikembangkan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi individual.

Yoga untuk meningkatkan kesuburan baik untuk wanita maupun pria dilakukan dengan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, meminimalkan stres, yang pada gilirannya menyeimbangkan hormon tubuh serta kesehatan mental, sehingga meningkatkan suatu kemampuan pasangan untuk mendapatkan kehamilan.

Studi menemukan bahwa wanita yang berlatih yoga dua kali lebih mungkin untuk hamil dibandingkan mereka yang tidak berlatih yoga. Tidak jelas apakah yoga adalah penyebab sesungguhnya dari kemampuan untuk hamil. Namun demikian, penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi stres, yang dapat membantu menyeimbangkan hormon.

Untuk meningkatkan kesuburan, bentuk-bentuk lembut yoga yang dianjurkan, antara lain:

  • Hatha yoga : bentuk yoga yang lambat dengan gerakan metodis. Yoga ini berfokus pada teknik relaksasi pernapasan dan meditasi di alam.
  • Kripalu yoga : meningkatkan hubungan antara pikiran dan tubuh melalui postur sederhana dan teknik pernapasan dalam.
  • Yoga berppsangan : bentuk yang semakin popular dari yoga kesuburan, yoga ini melibatkan postur dengan bantuan pasangan. Jenis yoga ini sangat bermanfaat untuk masalah kesuburan individu, karena membantu untuk meningkatkan keintiman dan komunikasi antara pasangan.

Selain dua olahraga di atas, untuk menunjang fertilitas Anda bisa juga melakukan olahraga seperti berikut :

  • Latihan kardio atau aerobik intensitas sedang
  • Latihan kekuatan (Strength Training)
  • Latihan respon relaksasi (Relaxation Response Training)

Demikian info tentang olahraga penunjang fertilitas semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.