Olahraga Teratur dan Seimbang dapat Mempengaruhi Kesuburan

Sekarang kami akan ulas seputar Olahraga Teratur dan Seimbang dapat Mempengaruhi Kesuburan. Olahraga dapat memengaruhi kesuburan dalam beberapa cara. Dalam beberapa kasus, olahraga berlebihan dapat menyebabkan infertilitas. Namun dalam kebanyakan kasus, olahraga merupakan bagian dari rutinitas hidup sehat yang dapat Membantu seorang wanita di semua bidang kehidupan, termasuk kesuburan.

Olahraga Teratur dan Seimbang dapat Mempengaruhi Kesuburan

Olahraga berlebihan adalah salah satu penyebab infertilitas. Jika seorang wanita terlalu banyak latihan, dia berada pada risiko kehilangan terlalu banyak lemak tubuhnya. Lemak tubuh memainkan peran penting dalam produksi estrogen, tanpa estrogen yang cukup, seorang wanita yang berolahraga berlebihan mungkin tidak berovulasi. Istilah teknis untuk tidak berovulasi adalah oligomenore, dan merupakan penyebab utama masalah kesuburan.

Namun demikian, wanita yang tidak mendapatkan cukup latihan juga dapat berpengaruh negatif pada kesuburan mereka. Dengan tidak berolahraga cukup, seorang wanita berisiko menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Wanita dengan kelebihan berat badan memiliki sel yang mengandung lebih banyak lemak, sehingga mempunyai estrogen terlalu banyak. Kelebihan produksi estrogen dapat berdampak negatif terhadap ovulasi dan pembuahan. Selain itu, kelebihan berat badan menempatkan wanita pada risiko resistensi insulin, yang pada akhirnya menghambat wanita berovulasi.

Olahraga teratur yang tidak terlalu ekstrim memberi manfaat besar bagi siapa pun. Seorang wanita yang ingin hamil akan lebih sukses jika dia berolahraga. Olahraga dapat membantu mengurangi stres, yang merupakan penyebab utama infertilitas pada wanita.

Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa stres dapat berpengaruh negatif terhadap kesuburan. Ketika Anda sedang stres, tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon stres seperti kortisol dan epinefrin. Pada saat yang sama, tubuh Anda memperlambat produksi hormon seks. Stres kronis dapat mengubah jadwal ovulasi Anda, sehingga jauh lebih sulit untuk hamil.

Dalam hal ini, yoga sebagai bagian dari program pengurangan stres terbaik dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Olahraga teratur juga dapat membantu untuk mengatur berat tubuh Anda, sehingga menghindari kelebihan berat badan. Melakukan olahraga teratur selama 30 menit setiap hari dalam tiga atau empat hari dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda.

Berikut beberapa hal terkait olahraga untuk mempercepat kehamilan

1. Olahraga Penunjang Fertilitas seperti :

  • Meningkatkan aktivitas secara keseluruhan
  • Latihan kardio atau aerobic intensitas sedang
  • Latihan kekuatan
  • Yoga kesuburan
  • Latihan respon relaksasi

2. Olahraga Berlebihan Ganggu Fertilitas

Demikian info tentang olahraga teratur dan seimbang dapat mempengaruhi kesuburan semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.