Vitamin untuk Meningkatkan Fertilitas Anda

Selain suplemen nutrisi yang telah disebutkan di postingan sebelumnya, bagi Anda yang ingin meningkatkan fertilitas agar cepat hamil juga dapat mengkonsumsi vitamin. Beberapa vitamin untuk meningkatkan fertilitas yaitu sebagai berikut :

Vitamin untuk Meningkatkan Fertilitas Anda

Þ Asam Folat

Asam folat adalah vitamin B (B9) yang dapat mencegah spino bifido pada bayi, dan sangat penting bahwa Anda mendapatkannya baik sebelum dan selama kehamilan. Asam folat tidak diragukan lagi penting, tetapi itu hanya bagian dari keluarga B-kompleks yang sangat penting dari vitamin yang diperlukan untuk menghasilkan bahan genetik DNA dan RNA Bersama vitamin B12, asam folat bekerja untuk memastikan bahwa kode genetik bayi Anda masih utuh.

Namun tidak cukup hanya mengonsumsi asam folat saja ketika Anda mencoba untuk hamil. Semua vitamin B sangat penting selama periode pra-konseptual. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemberian vitamin B6 kepada perempuan yang mengalami kesulitan hamil meningkatkan kesuburan dan vitamin B12 meningkatkan jumlah sperma.

Jika seorang wanita meminum 0,4 mg (400 mikrogram) asam folat setiap hari, 3 atau 4 bulan sebelum kehamilan dimulai, dapat melindungi bayi yang sedang berkembang terhadap bermacam-macam cacat tulang belakang dan otak, disebut neural-tube defect. Untuk wanita yang berisiko dalam kehamilan sebaiknya mengonsumsi asam folat 5 mg perhari minimal l bulan sebelum hamil dan idealnya dimakan selama 3 bulan.

Beberapa makanan yang mengandung asam folat antara lain asparagus, alpukat, pisang, kacang hitam, brokoli, buah sitrus, kuning telur, roti dan sereal yang difortifikasi, beras merah, kacang hijau, sayuran hijau, miju-miju, hati, kacang polong, pisang raja, bayam, stroberi, tuna, benih gandum dan yogurt.

Þ Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan lain yang kuat dan telah terbukti meningkatkan kesuburan ketika diberikan kepada pria dan wanita. Pria yang menjalani perawatan IVF untuk memperbaiki kesuburan akan diberikan vitamin E, dan setelah perawatan maka tingkat fertilisasi mereka naik dari 19% menjadi 29%. Antioksidan vitamin E membuat sperma lebih subur.

Vitamin E juga memiliki dampak positif yang sama pada tingkat kesuburan wanita. Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 400 IU untuk dikonsumsi per harinya. Dapat dikonsumsi bersama dengan vitamin C namun penggunaannya perlu di bawah pengawasan dokter bila Anda mengalami salah satu dari kondisi anemia, hiper-tiroid, liver, hipertensi, tingkat kekentalan darah tinggi, sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan mengonsumsi aspirin.

Þ Vitamin C

Vitamin C juga antioksidan, dan studi menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan kualitas sperma, melindungi sperma dan DNA di dalamnya dari kerusakan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa jenis kerusakan DNA pada sperma bisa membuat sulit untuk hamil, atau dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran jika pembuahan terjadi.

Jika DNA rusak, mungkin ada masalah kromosom pada bayi, sehingga dokter mungkin menyarankan kehamilan tidak dilanjutkan. Ada baiknya mengonsumsi vitamin C dan antioksidan lainnya sebagai tindakan pencegahan. Vitamin C juga menjaga sperma dari menggumpal bersama, dan membuat mereka lebih motil.

Satu studi telah menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi klomifen untuk merangsang ovulasi akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berovulasi jika meminum vitamin C bersama obat tersebut. Clomiphene tidak selalu bekerja optimal pada setiap wanita, tetapi kemungkinannya sering meningkat ketika dilengkapi dengan vitamin C.

Þ L-arginin

Ini adalah asam amino yang ditemukan dalam banyak makanan, dan kepala sperma mengandung jumlah yang luar biasa banyak dari nutrisi ini. Jadi L-arginin penting untuk produksi sperma. Mengonsumsi L-arginin dapat membantu untuk meningkatkan baik jumlah maupun kualitas sperma. Namun harus hati-hati penggunaanya pada orang yang mengalami serangan herpes, karena arginin dapat merangsang virus herpes.

Þ L-karnitin

Asam amino ini penting untuk fungsi normal dari sel sperma. Menurut penelitian, tampak bahwa semakin tinggi tingkat L-Carnitin dalam sel sperma, semakin baik jumlah sperma dan motilitasnya.

Demikian info tentang  Vitamin untuk Meningkatkan Fertilitas Anda semoga bermanfaat.

Sumber: Tips Super Cepat Hamil, Ira Puspitorini dan Sandra Lusita

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Incoming search terms:

  • merk vitamin c yang bagus untuk kesuburan pria

Leave a Reply