Cara Agar Mendapat Tidur Sehat untuk Meningkatkan Fertilitas

Pembahasan kita sekarang ialah Cara Agar Mendapat Tidur Sehat untuk Meningkatkan Fertilitas. Jika Anda mendapatkan kurang dari delapan jam tidur setiap malam, kemungkinan Anda kurang tidur. Anda mungkin tidak tahu betapa kurahg tidur dapat memengaruhi Anda. Bagaimana mungkin Anda kurang tidur tanpa menyadarinya? Sebagian besar tanda-tanda kurang tidur tidak kentara, apalagi jika Anda telah biasa melewatkan waktu tidur Anda.

Cara Agar Mendapat Tidur Sehat untuk Meningkatkan Fertilitas

Mungkin rasanya normal-normal saja untuk mengantuk saat Anda berada dalam pertemuan membosankan, melewatkan sore dengan santai, atau tertidur setelah makan. Sebenarnya itu hanya “normal” jika Anda kurang tidur.

Anda mungkin kurang tidur jika Anda:

  • Butuh jam alarm untuk bangun tepat waktu.
  • Sulit bangun tidur di pagi hari.
  • Merasa lemas di siang hari.
  • Mengantuk dalam rapat, kuliah, atau berada di kamar yang hangat atau sejuk.
  • Mengantuk setelah makan berat atau saat berkendara.
  • Perlu tidur siang untuk melewati hari.
  • Jatuh tertidur saat menonton TV atau bersantai di malam hari.
  • Merasa perlu untuk tidur di akhir pekan atau di saat libur.
  • Tertidur dalam waktu lima menit untuk pergi ke tempat tidur.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan tidur yang cukup?

  • Tetapkan waktu tidur yang teratur. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Pilih waktu ketika Anda biasanya merasa lelah, sehingga Anda bisa segera tertidur. Jika Anda ingin mengubah waktu tidur Anda, bantu tubuh Anda menyesuaikannya dengan membuat perubahan kecil secara bertahap setiap hari, seperti pergi tidur 15 menit lebih cepat atau lebih lambat setiap hari.
  • Bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jika Anda cukup tidur, Anda bisa bangun alami tanpa alarm.
  • Pintar-pintarlah menyiasati waktu tidur. Walaupun tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengganti jam tidur yang hilang atau menyegarkan badan kembali, terutama untuk orang berusia lanjut, namun hal ini dapat membuat insomnia menjadi lebih buruk.
  • Jauhkan kebisingan. Orang-orang berbeda dalam kepekaan mereka terhadap kebisingan, tetapi sebagai aturan umum, Anda akan tidur lebih baik bila kamar tidur Anda tenang.
  • Kamar gelap dan sejuk. Ketika tiba waktunya untuk tidur, pastikan lingkungan Anda gelap. Suhu kamar tidur Anda juga akan memengaruhi tidur. Kebanyakan tidur terbaik seseorang didapat di ruangan agak dingin (sekitar l8o C) dengan ventilasi yang memadai. Kamar tidur yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu kualitas tidur.
  • Pastikan tempat tidur Anda nyaman. Apakah tempat tidur cukup luas bagi Anda? Anda harus punya cukup ruang untuk meregangkan tubuh dan berbalik dengan nyaman.
  • Matikan televisi. Banyak orang menggunakan televisi untuk tidur atau bersantai di akhir hari. Namun, televisi malah merangsang pikiran, bukan santai. Lampu berkedip-kedip terus menerus dari layar TV atau komputer. Televisi juga berisik, yang dapat mengganggu tidur jika sengaja ditinggalkan tetap menyala.
  • Jadikan tempat tidur hanya untuk tidur. Gunakan tempat tidur Anda hanya untuk tidur dan seks. Jika Anda mengasosiasikan tempat tidur Anda dengan pekerjaan atau kegiatan lain, maka akan sulit bagi Anda untuk tidur di malam hari.
  • Bersantai sebagai ritual tidur. Sebelum tidur, lakukan hal-hal yang membuat Anda santai, seperti membaca buku, mandi air hangat, mendengarkan musik lembut, menikmati makanan ringan, melakukan peregangan tubuh yang ringan, melakukan persiapan sederhana untuk hari berikutnya
  • Jauhi makan besar di malam hari. Usahakan untuk makan malam lebih awal di malam hari, dan hindari makanan berat dua jam sebelum tidur. Makanan berlemak memerlukan banyak kerja perut untuk mencerna dan mungkin membuat Anda tetap terjaga. Juga berhati-hati terhadap makanan pedas atau asam di malam hari, karena dapat menyebabkan masalah perut dan mulas.
  • Kurangi kafein. Anda akan terkejut kalau tahu bahwa kafein dapat menyebabkan masalah tidur sampai l0-12 jam setelah minum itu! Pertimbangkan menghilangkan kafein setelah makan siang atau mengurangi asupan Anda secara keseluruhan.
  • Hindari minum terlalu banyak cairan di malam hari. Minum banyak air, jus, teh, atau cairan lain mungkin mengakibatkan Anda harus sering ke kamar mandi sepanjang malam. Minuman berkafein, yang berfungsi sebagai diuretik, malah memperburuk keadaan.
  • Olahraga teratur. Anda juga akan tidur lebih dalam jika Anda berolahraga secara teratur. Anda hanya perlu 20-30 menit waktu olahraga di sela-sela aktivitas sehari-hari. Namun jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Anda.
  • Mengelola Stres. Apakah stres, khawatir, dan kemarahan membuat Anda sangat sulit untuk tidur nyenyak. Ketika Anda tidak bisa tidur di malam hari, perhatikan apa yang tampaknya menjadi tema berulang dari penyebabnya. Itu akan membantu Anda mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk mengendalikan stresdi siang hari. Dengan belajar bagaimana mengelola waktu Anda secara efektif, menangani stres dengan cara yang produktif, dan menjaga pandangan tetap positif, Anda akan bisa tidur lebih baik di malam hari. Berlatihlah relaksasi juga. Relaksasi ini bermanfaat bagi semua orang, tetapi terutama bagi mereka yang berjuang melawan kesulitan tidur. Berlatih teknik relaksasi sebelum tidur adalah cara yang bagus untuk menenangkan pikiran dan mempersiapkan diri untuk tidur

Demikian info tentang Cara Agar Mendapat Tidur Sehat untuk Meningkatkan Fertilitas semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.