Kekurangan Berat Badan Mempengaruhi Fertilitas

Di postingan ini kami akan bahas mengenai Kekurangan Berat Badan Mempengaruhi Fertilitas. Penelitian telah menunjukkan, kekurangan berat badan bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk hamil, karena kemungkinan tidak berovulasi, tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur, atau tidak memiliki cukup lemak untuk keseimbangan hormon yang tepat.

Kekurangan Berat Badan Mempengaruhi Fertilitas

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesuburan wanita kurus adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Wanita kurus cenderung memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, bahkan bisa berhenti sepenuhnya. Hal ini jelas akan mencegah pembuahan. 

Faktor lain yang memberikan kontribusi untuk infertilitas pada wanita kurus adalah ovulasi tidak teratur. Ketika perempuan kurus, ovulasi normal dapat terganggu. Hal ini memberikan kontribusi untuk infertilitas dan penghentian periode menstruasi. Ketika sebuah gangguan hadir, ovulasi bisa berhenti untuk jangka waktu yang panjang, dan membuat kehamilan tidak terjadi.

Ketidakteraturan siklus menstruasi dapat memengaruhi lapisan rahim, sehingga tidak memadai untuk mendukung kehamilan. Bahkan jika pembuahan terjadi, kemungkinan terjadi keguguran. Telur yang dibuahi membutuhkan lapisan rahim tebal untuk implant dan tumbuh.

Dalam beberapa kasus, teknologi reproduksi dapat membantu seorang wanita kurus untuk hamil. Obat kesuburan dapat digunakan untuk menginduksi ovulasi dan menstruasi. Dalam hal ini, wanita dapat hamil. Namun teknologi reproduksi tidak bisa selalu memecahkan masalah dinding rahim tipis, sehingga peningkatan risiko keguguran mungkin masih menjadi masalah.

Kabar baiknya adalah dengan program penambahan berat badan yang baik, masalah ini biasanya dapat diselesaikan. Menambah berat badan dengan makan makanan bergizi adalah obat terbaik untuk seorang wanita kurus yang berharap mengembalikan kesuburannya. Ahli gizi dapat membantu membuat rencana makan untuk menambah berat badan dan mendapatkan ovulasi siklus menstruasi kembali ke jalurnya.

Alasan lain untuk mencapai berat badan yang sehat adalah untuk kesehatan bayi Anda kelak. Bayi yang lahir dari wanita yang sangat kurus berisiko terhadap berat lahir rendah dan lahir prematur. Dengan makan makanan yang sehat dan menjaga berat badan yang tepat untuk ukuran tubuh Anda, Anda akan memberi bayi Anda masa depan terbaik, yaitu awal yang sehat dalam kehidupannya.

Pria yang kurus juga dapat bermasalah dengan kesuburan. Untuk alasan yang sama bahwa siklus ovulasi wanita diatur oleh hormon, kadar testosterone pria juga dipengaruhi hormon dan kadar ini mungkin terlalu rendah jika berat badan juga terlalu rendah. Kadar testosteron yang rendah menyebabkan jumlah sperma rendah. Sperma lebih sedikit berarti lebih kecil kemungkinannya sperma berhasil membuahi sel telur.

Þ Pola Makan Menambah Berat Badan

Ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan ideal Anda, yaitu makan lebih banyak makanan. Dengan berfokus pada diet kesuburan yang ditujukan untuk mendapatkan berat badan sehat, Anda bisa berharap kesuburan Anda kembali lagi.

Þ Menyimpan buku harian makanan

Membuat buku harian makanan adalah kebutuhan untuk mendapatkan berat badan dan menjaga tubuh Anda pada berat badan yang sehat. Sebuah catatan harian makanan memungkinkan Anda untuk merekam asupan makanan harian Anda sehingga Anda tahu realitas kebiasaan makan dan asupan nutrisi. Tuliskan makanan sehari-hari Anda secara terperinci. Sisihkan waktu untuk melakukan hal ini setelah makan.

Melacak pola makan Anda selama tiga hari sebelum Anda memulai program penambahan berat badan bermanfaat untuk mengetahui bagaimana konsumsi kalori Anda saat ini. Catat jumlah kalori, protein, karbohidrat, dan lemak pada makanan Anda dalam buku harian makanan Anda.

Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa Anda tidak makan makanan sebanyak yang Anda pikir sebelumnya. Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang perlu Anda makan untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda bisa menggunakan kalkulator kalori online yang   banyak tersedia di banyak situs di internet, atau Anda bisa menghitungnya sendiri. Untuk cara menghitung kalori akan dibahas lebih lanjut di bagian selanjutnya.

Þ Merencanakan menu makanan Anda

Sebaiknya Anda melacak apa yang Anda makan dan berapa banyak karbohidrat, protein, lemak, dan kalori yang ada dalam makanan Anda. Rencanakan menu makanan dan makanan ringan sehingga Anda tidak melewatkan waktu makan. Jika seminggu sepertinya terlalu banyak, mulailah dengan perencanaan harian. Ambillah jumlah total kalori yang Anda butuhkan dan membaginya sepanjang hari.

Þ Makan lemak susu, mentega, dan yogurt

Makan makanan ini akan membantu Anda dengan asupan kalori Anda. Pastikan mereka adalah organik sehingga Anda tidak menambahkan kelebihan hormon tubuh Anda. Jika Anda memiliki endometriosis akan lebih baik untuk menghindari susu dan yogurt dan fokus pada susu kedelai untuk mengganti susu Anda.

Þ Makan 5 kali sehari

Pastikan makanan harian Anda terdiri dari 3 kali makanan utama dan 2 camilan atau 5 makanan kecil. Hal ini karena beberapa alasan. Yang pertama untuk memastikan Anda. Memperoleh kalori yang cukup dalam sehari. Yang kedua adalah untuk membantu menjaga tingkat gula darah yang seimbang yang sangat penting untuk kesuburan dan keseimbangan hormon.

Þ Makan makanan padat nutrisi

Jangan makan hanya untuk mendapatkan kalori. Pastikan Anda makan makanan yang padat nutrisi.

Demikian info tentang Kekurangan Berat Badan Mempengaruhi Fertilitas semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.