Pemeriksaan Kesehatan ke Dokter Sebelum Hamil

Pemeriksaan kesehatan ke dokter sebelum hamil merupakan sesuatu yang sangat penting agar kehamilan dapat berjalan dengan baik. Dulu perhatian akan kesehatan dilakukan pada saat hamil. Sekarang, sebagian besar dokter menyarankan melihat kehamilan selama 12 (dua belas) bulan atau 1 (satu) tahun daripada hanya 9 (sembilan) bulan. Ini termasuk minimal satu periode tiga bulan persiapan. Mempersiapkan tubuh Anda dengan kesehatan yang baik dapat membantu Anda mempersiapkan kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat.

Pemeriksaan Kesehatan ke Dokter Sebelum Hamil

Selama konsultasi untuk perencanaan kehamilan atau prakonseptual, dokter dapat mengevaluasi kesehatan calon ibu dan mengidentifikasi setiap risiko kesehatan. Pemeriksaan awal yang dilakukan dokter biasanya berupa :

  • Pemeriksaan fisik
  • Tinjauan riwayat medis
  • Tinjauan latar belakang medis keluarga
  • Pertanyaan tentang diet dan kebiasaan sosial, seperti apakah Anda berdua minum atau merokok
  • Tinjauan kehamilan masa lalu, menggunakan kontrol kelahiran, pengobatan dan imunisasi
  • Tes darah untuk memeriksa antibodi yang melindungi dari penyakit fatal bagi janin
  • Rujukan untuk konseling genetika, jika diperlukan

Penilaian diet pasien adalah unsur penting lainnya dalam konseling prakonseptual. Seorang wanita harus berusaha untuk mencapai berat badan ideal sebelum hamil. Wanita kurus akan meningkatkan risiko untuk melahirkan bayi dengan berat lahir rendah, sedangkan seorang wanita kelebihan berat badan mempunyai peningkatan risiko komplikasi bagi ibu hamil seperti hipertensi dan diabetes gestasional.

Dokter akan menyarankan kepada semua wanita, bahkan jika mereka bergizi baik, untuk mulai vitamin prenatal sebelum mereka hamil, terutama asam folat, yang telah terbukti untuk mencegah cacat lahir. Konseling tentang kebiasaan sosial, seperti penggunaan tembakau dan alkohol, adalah bagian penting lain dari kunjungan prakonseptual. Kebanyakan wanita tahu bahwa mereka harus menghindari tembakau atau alkohol selama kehamilan mereka, namun mereka mungkin meremehkan pentingnya berhenti sebelumnya.

Prakonseptual konseling dapat membantu meningkatkan petunjuk kehamilan yang sehat dan bayi sehat karena kondisi dapat dikelola, dimodifikasi dan faktor risiko kebiasaan kesehatan dikurangi.

Berikut beberapa hal terkait memeriksakan diri ke dokter yaitu :

  1. Pemeriksaan Fisik Prakonsepsi
  2. Penyakit Penghambat Kehamilan
  3. Konseling Genetika
  4. Bila Tak Juga Hamil
  5. Masalah Infertilitas Pada Wanita
  6. Masalah Infertilitas Pada Pria

Demikian info tentangĀ Pemeriksaan Kesehatan ke Dokter Sebelum Hamil semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.